2024-05-24 14:29:02
Kenapa meteran
listrik ada tulisan periksa? Mungkin Anda yang
mengalami hal ini sekarang bertanya-tanya apa penyebabnya.
Munculnya tulisan
“periksa” di layar meteran listrik memang sering kali dianggap bukan masalah
serius. Namun, hal ini tentunya bisa mengejutkan dan mengganggu kenyamanan Anda
jika dibiarkan.
Perusahaan Listrik
Negara (PLN), sebagai penyedia layanan listrik di Indonesia, menjelaskan
beberapa penyebab meteran listrik ada tulisan “periksa”. Simak penjelasan
berikut.
Baca Juga: 7 Proses Distribusi Listrik dari Pembangkit Sampai ke Rumah Kita
Meteran listrik ada
tulisan “periksa” bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai
berikut.
Kesalahan dalam
pengawatan kWh meter adalah salah satu penyebab umum munculnya notifikasi
"periksa" di meteran listrik Anda. Wiring yang terbalik bisa terjadi
saat pemasangan awal atau saat ada perbaikan instalasi listrik.
Jika kabel fasa dan
netral terpasang terbalik, meteran listrik akan mendeteksi adanya
ketidaksesuaian dan mengirimkan sinyal peringatan. Untuk itu, pastikan
pengawatan dilakukan oleh ahli listrik yang berpengalaman dan sesuai standar.
Meteran listrik
dilengkapi dengan tutup terminal dan penutup kWh meter untuk melindungi
komponen internal dari kerusakan dan intervensi.
Jika penutup ini
terbuka, baik karena kelalaian atau usaha pihak tertentu, sistem meteran akan
mendeteksi adanya potensi masalah dan menampilkan pesan "periksa".
PLN sangat serius
dalam menanggulangi penyalahgunaan listrik, seperti pencurian listrik atau upaya
memanipulasi meteran agar mencatat penggunaan yang lebih rendah dari sebenarnya.
Meteran listrik mampu mendeteksi pola penggunaan yang tidak wajar.
Jika terdeteksi
adanya penyalahgunaan, meteran akan menampilkan tulisan "Periksa"
untuk memastikan penggunaan listrik yang adil dan aman.
Ingatlah untuk
menggunakan listrik dengan jujur dan sesuai aturan. Jika ada indikasi
penyalahgunaan, segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan. Hindari tindakan yang
melanggar hukum karena bisa berakibat pada sanksi yang berat.
Gangguan pada
instalasi listrik, seperti korsleting, kabel yang longgar, atau adanya perangkat
yang rusak, bisa menyebabkan munculnya tulisan "Periksa" pada meteran
listrik.
Instalasi listrik
yang tidak stabil dapat menimbulkan risiko kebakaran atau kerusakan peralatan,
sehingga sistem meteran akan memberikan peringatan untuk segera dilakukan
pemeriksaan dan perbaikan.
Lakukan pemeriksaan
rutin pada instalasi listrik di rumah Anda. Jika ada indikasi gangguan, segera
lakukan perbaikan atau hubungi teknisi profesional.
Baca Juga: 5 Tips Merawat Mobil Listrik Saat Musim Hujan Agar Aman Terobos Banjir Tanpa Konslet
Sebagai konsumen
atau pelanggan listrik prabayar, menghadapi masalah pada Kwh meter seperti
munculnya tulisan "PERIKSA" bisa menimbulkan kekhawatiran. Namun,
Anda tidak perlu panik.
Ada solusi yang
diberikan oleh PLN untuk mengatasi masalah meteran listrik ada tulisan periksa,
yaitu dengan menggunakan kode Clear Tamper yang bisa didapatkan melalui
aplikasi PLN Mobile. Simak caranya berikut ini.
Saat tulisan
"PERIKSA" muncul di meteran listrik Anda, langkah pertama yang harus
dilakukan adalah melaporkan masalah ini melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi
ini memudahkan pelanggan untuk melaporkan berbagai gangguan pada layanan
listrik.
Caranya:
- Buka aplikasi PLN
Mobile di handphone Anda.
- Masuk ke menu
“Profile” -> “Layanan Saya”, pilih “Tambah IDPel” dan masukkan ID pelanggan
yang Anda miliki.
- Pilih menu
“Pengaduan” di halaman utama, kemudian pilih masalah “kWh meter saya
menunjukkan periksa”.
- Pilih “Ajukan
Pengaduan”, lalu pilih “Mengerti”.
- Pilih “Data
Pelanggan”, pastikan lokasi rumah telah sesuai maps. Konfirmasi dan pilih “Ya”.
- Lengkapi data dan
“Lanjutkan”.
- Masukkan angka
pada meteran dan angka yang dikeluarkan meteran. Apabila tidak ada angka yang keluar,
pilih “Tidak Ada Angka yang Keluar pada layar kWh Meter”. Sertakan foto angka
yang dikeluarkan meteran PLN.
- Langkah pada poin
sebelumnya mesti dilakukan sebanyak 9 kali.
Setelah laporan
dibuat, sistem PLN akan mengirimkan kode Clear Tamper yang terdiri dari 20
angka. Kode ini berfungsi untuk menghapus gangguan sederhana yang menyebabkan meteran
listrik ada tulisan "PERIKSA".
Setelah mendapatkan
kode tersebut, Anda bisa langsung memasukkannya ke meteran listrik prabayar
yang telah dimatikan. Kode ini biasanya bisa mengatasi masalah yang sederhana
tanpa perlu menunggu kedatangan teknisi.
Nyalakan kembali
meteran. Jika langkah telah benar dan sesuai, tulisan “periksa” akan hilang dan
meteran listrik akan kembali normal.
Jika masalah tidak
dapat diselesaikan hanya dengan kode Clear Tamper, maka penyebabnya mungkin
lebih kompleks dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk mengatasi masalah
yang lebih kompleks, setelah laporan, petugas PLN akan datang ke lokasi Anda
untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.
Jika Anda mengalami
meteran listrik ada tulisan periksa, jangan panik. Lakukan langkah di atas
agar masalah Anda dapat segera diatasi dan kenyamanan penggunaan listrik tidak
terganggu.