8 Tips Instalasi Listrik Rumah yang Aman dari Korsleting

2024-01-12 16:08:25



Inilah 8 tips instalasi listrik rumah yang aman dari korsleting yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan pemasangan listrik, baik di rumah baru, rumah renovasi, maupun saat listrik Anda mengalami kerusakan.


Sebelum masuk ke pembahasannya, prinsip dasar yang harus Anda pahami adalah instalasi listrik rumah yang aman sangatlah penting.


Hal ini untuk mencegah risiko terjadinya korsleting yang dapat memicu bahaya listrik, seperti kebakaran atau bahkan kecelakaan fatal. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas 8 tips instalasi listrik rumah yang aman dari korsleting agar Anda bisa segera mencegah bahaya dan menjamin keselamatan para penghuni rumah di masa depan.


Baca Juga: 5 Air Cooler Honeywell Terbaik Harga 3 Jutaan dan Spesifikasinya


8 Tips Instalasi Listrik Rumah yang Aman dari KorsletingLakukan 


  1. Perencanaan Instalasi Listrik yang Matang


Perencanaan instalasi listrik yang matang harus dilakukan sebelum memulai pekerjaan pemasangan listrik di rumah. Adapun, yang termasuk dalam perencanaan di antaranya menentukan lokasi perangkat listrik yang akan dipasang, seperti stopkontak, sakelar, atau lampu.


Lalu, pastikan untuk menghitung jumlah kebutuhan daya yang sekiranya Anda butuhkan untuk perangkat-perangkat elektronik yang Anda miliki. Perhatikan juga dari pemilihan kabel yang sesuai dengan standar keamanan dan kapasitas yang diperlukan.


  1. Pilih Perangkat Listrik yang Berkualitas


Pemilihan perangkat listrik yang akan dipasang di rumah sangat menentukan keamanan listrik ke depannya. Untuk itu, pastikan Anda memilih hanya perangkat listrik yang berkualitas terbaik.


Mulai dari stopkontak, sakelar, MCB, kabel, dan alat lainnya harus dipilih dari merek yang sudah teruji standar keamanannya. Hal ini bisa meningkatkan daya tahan listrik di rumah Anda dari beban yang tinggi.


Perangkat listrik berkualitas tinggi dapat menjadi investasi jangka panjang terbaik bagi kehidupan Anda dan penghuni rumah lainnya.


  1. Menggunakan Perangkat untuk Proteksi Korsleting


Salah satu cara mencegah korsleting di rumah adalah dengan memasang perangkat proteksi korsleting, seperti RCD (Residual Current Device) di panel distribusi listrik rumah Anda.


Untuk diketahui, RCD sendiri dapat mendeteksi adanya kebocoran arus listrik dan secara otomatis memutus aliran listrik sehingga mengurangi risiko korsleting dan bahaya kelistrikan.


  1. Memilih dan Memasang Kabel dengan Benar


Selain perangkat listrik yang berkualitas, pemilihan kabel yang tepat dan pemasangannya yang benar juga menjadi cara terbaik untuk melindungi instalasi listrik rumah dari potensi bahaya korsleting.


Tips yang dapat Anda terapkan adalah memilih kabel yang rapi dan sesuai ukuran. Hindari penggunaan kabel yang terlalu panjang atau berbelok tajam.


Kemudian, pastikan penempatan kabel dalam posisi yang aman, tidak terjepit di bawah furnitur atau terpapar panas secara berlebihan. Jangan lupa untuk menggunakan klip kabel agar tetap rapi dan terhindar dari kontak dengan penghuni rumah.


  1. Pastikan Sistem Grounding Tepat dan Benar


Tips kelima untuk instalasi listrik yang aman adalah memastikan sistem grounding terpasang dengan baik. Sistem grounding yang baik adalah kunci untuk mengurangi risiko korsleting.


Grounding membantu mengalirkan arus listrik berlebih ke tanah, mengurangi potensi terjadinya korsleting. Pastikan perangkat listrik terhubung dengan sistem grounding yang memenuhi standar keamanan.


6. Perkirakan Batas Penggunaan Perangkat Elektronik


Penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan dan melebihi kapasitas stopkontak dapat menyebabkan overloading yang memicu potensi korsleting.


Anda perlu menghindari pemasangan terlalu banyak perangkat pada satu stopkontak atau menyambung-nyambung colokan listrik.


Untuk itu, sebelum melakukan instalasi listrik di rumah, sebaiknya Anda memperkirakan jumlah stopkontak yang akan dipasang dengan menyesuaikan perangkat elektronik dan rencana pembelian alat elektronik di kemudian hari.


7. Pemeriksaan dan Pemeliharaan Rutin


Instalasi listrik yang aman di rumah harus selalu dipantau dengan melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan rutin. Hal ini berfungsi untuk mencegah dan mendeteksi sedini mungkin apabila terjadi kerusakan kecil pada instalasi listrik.


Dengan demikian, Anda bisa mencegah bahaya yang lebih besar karena sudah mengatasi akar masalahnya sejak awal.


Pemeliharaan bisa dilakukan dengan memeriksa sambungan kabel, kondisi perangkat listrik yang terpasang, dan sistem proteksi secara berkala untuk memastikan semuanya masih berfungsi dengan baik.


Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Karpet dengan Benar di Rumah


Memasang instalasi listrik rumah yang aman dari korsleting memang membutuhkan perhatian terhadap detail terkecil dan pengetahuan tentang standar keamanan listrik. Menciptakan lingkungan listrik yang aman dan dapat diandalkan di rumah adalah prioritas utama keselamatan penghuni rumah.


Dengan menerapkan 8 tips instalasi listrik rumah yang aman dari korsleting, Anda dapat menjaga rumah dan penghuni dari risiko dan potensi bahaya kelistrikan yang mengancam. Dapatkan informasi seputar kelistrikan rumah hanya di Graha Anugrah Elektrindo.



Share