5 Cara Membersihkan Karpet dengan Benar di Rumah

2023-12-29 15:43:47



Cara membersihkan karpet dengan benar di rumah penting untuk diketahui sebagai salah satu upaya merawat kebersihan ruangan. Apalagi menjelang momen-momen penting, seperti acara arisan keluarga, tahun baruan, dan kumpul-kumpul lainnya.


Karpet yang indah membuat rumah terasa nyaman. Oleh karena itu, sangat penting merawat karpet dengan benar agar fungsi dan bentuknya tetap terjaga seperti semula.


Pembersihan secara teratur dan menyeluruh sangat dianjurkan untuk menjaga penampilan karpet tetap baik dan masa pakainya bertahan lama. Tak hanya itu, kotoran yang dibiarkan terperangkap di karpet memicu bahaya bagi penghuninya.


Baca Juga: 5 Ide Dekorasi Lampu Natal di Rumah yang Praktis dan Cocok Hangatkan Suasana Ruangan


5 Cara Membersihkan Karpet dengan Benar di Rumah


Membersihkan karpet yang benar bergantung pada bahan dan jenis karpet. Namun, secara umum, inilah 5 cara membersihkan karpet dengan benar di rumah.


1. Menyedot Debu Permukaan Karpet


Debu-debu yang terperangkap di dalam karpet harus disedot secara menyeluruh setidaknya satu minggu sekali.


Anda bisa menggunakan penyedot debu yang memiliki nosel lantai yang dapat diganti-ganti sehingga dapat menyesuaikan jenis dan tekstur karpet yang akan dibersihkan. Contohnya, pada karpet yang sangat tebal, Anda bisa menggunakan sikat karpet yang halus agar serat-seratnya tidak terlepas.


Saat menyedot debu karpet dengan vacuum cleaner, pastikan Anda melakukannya secara perlahan dan gerakkan nosel secara merata di atas lantai.


Bagi penderita alergi debu, pemilihan vacuum cleaner harus diperhatikan. Salah satu alternatifnya yaitu memilih penyedot debu dengan filter air.


Alat ini tidak hanya memastikan karpet bebas dari kotoran kecil, tetapi juga memastikan udara tetap segar dan bersih.


2. Menyemprot Karpet untuk Pembersihan Mendalam


Tidak cukup hanya membersihkan permukaan karpet dengan penyedot debu atau vacuum cleaner, Anda juga harus melakukan pembersihan yang mendalam dan lebih intensif dengan menyemprot karpet.


Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan pembersih ekstraksi semprot untuk menghilangkan kotoran, residu minyak, dan bau tidak sedap yang menempel di antara serat-serat karpet, lebih dari sekadar debu di permukaan.


Lakukan pembersihan mendalam dengan air dan deterjen yang disemprotkan dalam satu langkah, kemudian segera sedot kembali bersama kotoran. Lalu, bilas karpet dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen.


Pastikan karpet harus benar-benar kering sebelum kembali digunakan. Setelah kering, karpet dapat dibersihkan dengan vacuum cleaner sekali lagi.


Salah satu tips efektif saat menyemprot karpet menggunakan alat penyemprot adalah pemilihan air hangat, karena bisa merontokkan kotoran lebih baik dibandingkan air dingin.


Alat pembersih ekstraksi semprot ini tidak hanya efektif untuk membersihkan karpet di ruangan, tetapi juga sangat multifungsi dan bisa digunakan untuk membersihkan banyak barang, seperti kasur dan jok mobil.


3. Mencuci Karpet


Langkah selanjutnya untuk membersihkan karpet adalah dengan mencucinya melalui teknik yang benar. Teknik mencuci karpet bisa disesuaikan dengan jenis bahan dan ukurannya.


Karpet kecil yang terbuat dari katun, wol, atau serat sintetis (seperti poliester) sangat mudah dibersihkan. Oleh karena itu, jenis karpet ini dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci pada suhu 30°C dalam program pencucian yang lembut.


Sementara itu, untuk bahan-bahan lain seperti beludru, lebih baik dibersihkan hanya dengan air dan bahan pembersih yang sesuai pada area tertentu.


4. Menghilangkan Noda Karpet


Noda lembab harus segera dibersihkan saat pertama kali tumpahannya mengenai karpet. Hal ini karena cairan dapat mudah menembus serat karpet dan sulit dihilangkan.


Anda harus segera menyerap cairan dengan kain kering atau tisu dapur yang banyak. Ingat untuk jangan menekan karpet yang basah karena dapat membuat cairan kotoran meresap lebih jauh dan merusak serat karpet.


Saat mencoba menghilangkan noda di karpet, cobalah untuk selalu menggunakan air hangat, jangan langsung menggunakan deterjen atau produk-produk lainnya.


Jika noda berhasil larut dengan air, Anda dapat menghilangkannya dari serat karpet dengan melakukan sedikit gerakan memutar dari bawah ke atas.


Sementara itu, untuk noda yang tidak larut, Anda bisa menyemprotkan produk penghilang noda pada kain dan oleskan di area karpet yang terkena noda.


5. Mengembalikan Bentuk Serat Karpet yang Penyok


Karpet yang terlalu lama digunakan sebagai alas biasanya meninggalkan bekas seperti penyok di area yang ditindih oleh benda-benda di atasnya. Akibatnya, bentuk karpet berubah dan membuat keindahannya berkurang.


Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan mesin pembersih uap yang dapat mengangkat kembali serat karpet dan menghilangkan penyok yang tidak sedap dipandang.


Cukup letakkan kain kering di area penyok dan semprot dengan uap panas. Air akan membuat serat karpet perlahan-lahan membengkak dan kembali ke bentuk aslinya.


Alternatif lainnya adalah peluncur karpet, yang tersedia sebagai aksesori untuk pembersih uap. Setelah terpasang pada nosel lantai, alat ini dapat digerakkan dengan mudah di atas karpet.


Tidak hanya bisa mengangkat serat tekstil dan mengembalikannya ke bentuk semula, cara ini juga bisa mengurangi bau tidak sedap pada karpet.


Baca Juga: 5 Strategi Jitu Hemat Tagihan Listrik Rumah, Dijamin Ampuh!


Rangkaian Lengkap Alat Pembersih Karpet Rumah


Membersihkan karpet di rumah dengan cara manual mungkin lebih menghemat biaya. Akan tetapi, kegiatan ini terhitung cukup melelahkan. Apalagi jika karpet yang akan dibersihkan berjenis tebal dan besar.


Solusinya, Anda bisa menggunakan alat-alat elektronik yang ramah rumah tangga untuk kegiatan pembersihan karpet.


Beberapa alat pembersihan yang bisa menjadi pilihan adalah vacuum cleaner, mesin penyemprot, dan pembersih uap.


Saat ini, tersedia banyak pilihan alat pembersih yang bagus dengan teknologi canggih dan harga terjangkau serta hemat listrik.


Membeli satu jenis alat pembersih bisa menjadi investasi jangka panjang untuk merawat kebersihan rumah. Pasalnya, tidak hanya bisa digunakan di karpet, alat-alat ini juga efektif untuk membersihkan banyak bagian lain di dalam rumah, luar rumah, hingga kendaraan.


Anda dapat menemukan beragam alat pembersihan yang lengkap melalui PT Graha Anugrah Elektrindo sebagai distributor elektrikal nomor satu di Indonesia.


Cara membersihkan karpet dengan benar di rumah bisa dilakukan dengan bantuan alat-alat pembersih, seperti vacuum cleaner, pembersih karpet, hingga pembersih semprot bertekanan tinggi dari PT Graha Anugrah Elektrindo.




Share