6 Penyebab Smoke Detector Bunyi Terus Padahal Tidak Ada Asap

2024-01-26 09:50:48


 

Penyebab smoke detector bunyi terus padahal tidak ada asap harus diidentifikasi karena dapat mengganggu dan menimbulkan kepanikan jika dibiarkan begitu saja.

 

Smoke detector atau alat pendeteksi asap didesain untuk menarik perhatian saat ada kondisi bahaya seperti asap dan kebakaran. Akan tetapi, jika alarm berbunyi saat tidak ada keadaan darurat yang sesungguhnya, hal ini tentu bisa membuat panik dan frustrasi.

 

Memasang pendeteksi asap menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam upaya melindungi bangunan dari potensi kebakaran.

 

Detektor asap ini akan merasakan adanya panas, asap, dan api yang ekstrem lebih cepat dan terbukti jauh lebih efektif dalam mendeteksi kebakaran di dalam bangunan.

 

Terlepas dari fungsinya yang penting untuk mencegah potensi bahaya kebakaran, ada satu masalah umum yang banyak dialami oleh para pemasang smoke detector, yakni alarm yang terus berbunyi saat tidak ada asap di sekitarnya. Mengapa hal itu bisa terjadi? Simak pembahasannya berikut ini.


Baca Juga: 7 Rekomendasi Sakelar Schneider Terbaik untuk Tahun 2024

 

6 Penyebab Smoke Detector Bunyi Terus Padahal Tidak Ada Asap


 


1. Pemasangan Dekat Dapur atau Jendela

 

Jika detektor asap dipasang dalam jarak sekitar 3 meter dari alat memasak, seperti kompor, pemanggang roti, atau oven, maka hal ini bisa jadi penyebab smoke detector terus berbunyi.

 

Pasalnya, untuk memicu alarm memang tidak perlu banyak asap. Bahkan, beberapa alat pendeteksi asap fotolistrik berteknologi tinggi mampu mengeluarkan alarm saat mendeteksi adanya kenaikan suhu secara tiba-tiba.

 

Memasang detektor asap di samping jendela atau pintu juga rentan memicu alarm palsu. Hal ini disebabkan karena aliran udara dapat mengganggu kinerja sensor, bahkan menyebabkan ilusi asap dengan partikel yang melayang dari luar.

 

2. Uap dan Kelembapan Tinggi

 

Kelembapan yang tinggi di dalam ruangan membawa partikel uap air yang padat sehingga smoke detector bisa saja salah mengira partikel ini sebagai partikel asap.

 

Jadi, jika detektor asap berada tepat di luar kamar mandi atau ruangan yang beruap, kemungkinan terjadinya alarm palsu dapat meningkat, yang menyebabkan smoke detector terus berbunyi.

 

3. Serangan dari Serangga

 

Serangga yang masuk ke celah-celah smoke detector bisa memicu alarm palsu karena kehadirannya dapat mengganggu sensor pendeteksi asap.

 

Jika smoke detector Anda terus berbunyi saat tidak ada asap di sekitarnya, sebaiknya buka penutup smoke detector untuk memeriksa adanya gangguan dari serangga yang merayap di dalamnya.

 

4. Debu yang Menumpuk

 

Penumpukan debu juga dapat memengaruhi smoke detector dengan memicu alarm asap terus berbunyi.

 

Untuk mengatasinya, segera bersihkan perangkat dengan alat penyedot debu, setidaknya satu tahun sekali atau lebih jika ruangan cepat mengumpulkan debu.

 

5. Ada Bahan Kimia yang Kuat

 

Smoke detector adalah alat yang sensitif terhadap partikel udara, termasuk saat ada bahan kimia di sekitarnya yang melepaskan bau menyengat.

 

Hal ini bisa terjadi dalam beberapa kondisi, seperti saat penghuni melakukan renovasi rumah, bersih-bersih menyeluruh, atau ketika menggunakan bahan kimia yang kuat di dalam ruangan.

 

Efeknya, alarm palsu berbunyi karena alat pendeteksi asap salah mengira dan terpacu oleh partikel udara dari bahan kimia.

 

6. Masalah pada Baterai

 

Jika smoke detector yang terpasang di rumah Anda mengeluarkan bunyi lengkingan yang keras dan berkepanjangan atau bunyi bip bernada tinggi yang berulang-ulang, hal ini bisa menjadi pertanda ada masalah pada baterai dan perlu segera diganti. Idealnya, baterai smoke detector memang harus diganti setidaknya satu tahun sekali.

 

Baca Juga: 8 Tips Instalasi Listrik Rumah yang Aman dari Korsleting

 

Jangan terburu-buru untuk mematikan atau melepaskan smoke detector yang terus berbunyi padahal tidak ada asap. Bagaimana pun, pendeteksi asap merupakan alat yang sangat penting dan cukup diandalkan dalam keadaan darurat.

 

Dengan adanya perangkat ini, keamanan rumah menjadi lebih mudah dikontrol dari bahaya asap atau api yang bisa saja menjadi bencana jika tidak segera dideteksi.

 

Alih-alih mencopot smoke detector yang terus berbunyi dari ruangan, cobalah terlebih dahulu untuk mengubah sensitivitasnya. Memilih perangkat pendeteksi asap yang berkualitas juga menjadi syarat penting menjaga keselamatan.

 

Penyebab smoke detector bunyi terus padahal tidak ada asap rupanya bisa datang dari berbagai faktor, dari yang serius hingga sepele. Untuk mencegah gangguan dan kepanikan karena alarm palsu terus menerus, sebaiknya segera perbaiki masalah-masalah tersebut. Bila terjadi kerusakan pada smoke detector Anda, segera ganti dengan perangkat berkualitas dari Graha Anugrah Elektrindo.



Share