Perbedaan DVR dan NVR pada CCTV, Pahami Fungsinya untuk Instalasi Kamera Pengawas

2024-06-07 14:59:48






Perbedaan DVR dan NVR pada CCTV dan fungsinya masing-masing ternyata sangat penting. Instalasi kamera pengawas termasuk salah satu proses yang cukup rumit dan membutuhkan banyak komponen, tidak hanya kameranya saja.

 

 

Meski demikian, CCTV atau Closed-Circuit Television menjadi perangkat yang diandalkan dalam mengawasi keamanan lingkungan.

 

 

Dengan adanya CCTV, kita bisa memantau dan mendapatkan bukti akurat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pemasangan CCTV pun menjadi kebutuhan penting yang tidak terelakkan saat ini.

 

 

Untuk memahami lebih mendalam tentang instalasi CCTV, kita harus memahami komponen di dalamnya, termasuk perbedaan DVR dan NVR yang cukup mendasar, lho.

 

 

Berikut ini penjelasan lengkap, mulai dari pengertian, fungsi, hingga perbedaan DVR dan NVR pada CCTV. Simak ya!

 

 

 

Baca Juga: 9 Macam Pembangkit Listrik Sumber Energi yang Ada di Indonesia

 

 

 

Pengertian DVR

 

 

Digital Video Recorder (DVR) adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk merekam video dalam format digital. Pada sistem CCTV, DVR berfungsi sebagai komponen utama yang menangkap dan menyimpan rekaman video dari kamera-kamera pengawas yang terhubung.

 

 

Beberapa kelebihan DVR di antaranya penyimpanan lebih efisien, ketersediaan akses yang lebih mudah, serta beroperasi dengan stabil dan andal selama 24/7 dalam pemantauan dan perekaman.

 

 

DVR menggunakan kompresi video untuk menghemat ruang penyimpanan, misalnya dengan codec H.264 atau H.265. Tak hanya itu, DVR modern sering dilengkapi dengan fitur jaringan yang memungkinkan akses jarak jauh melalui aplikasi atau browser web.

 

 

Pengertian NVR

 

 

Network Video Recorder (NVR) adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk merekam video dalam format digital dari kamera IP (Internet Protocol) pada sistem CCTV. Perangkat NVR bekerja dengan kamera yang terhubung melalui jaringan IP.

 

 

Beberapa kelebihan NVR di antaranya menampilkan kualitas video yang lebih baik, akses pemasangan yang lebih fleksibel, dan dilengkapi fitur jaringan yang memungkinkan akses jarak jauh melalui aplikasi atau browser web sehingga memudahkan pemantauan dari lokasi yang berbeda.

 

 

Tak hanya itu, dengan NVR, pengguna dapat lebih mudah untuk menambah kamera tambahan ke sistem yang ada tanpa harus melakukan instalasi ulang atau perubahan yang signifikan pada infrastruktur CCTV.

 

 

Fungsi DVR dan NVR

 

 

DVR dan NVR merupakan sistem perekaman video yang digunakan dalam instalasi CCTV. Fungsi DVR dan NVR yang paling utama yaitu untuk merekam dan menyimpan video dari kamera pengawas.

 

 

Baik DVR maupun NVR menyimpan rekaman video pada media penyimpanan internal seperti hard drive. Kapasitas penyimpanan keduanya dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan konfigurasi sistem.

 

 

Tidak hanya menyimpan video, DVR dan NVR juga menyediakan fitur untuk pengelolaan video yang direkam, di antaranya kemampuan untuk mencari, memutar ulang, dan menghapus rekaman sesuai kebutuhan.

 

 

Melalui DVR dan NVR inilah pengguna dapat memantau video langsung atau rekaman melalui perangkat seperti komputer, smartphone, atau tablet.

 

 

Perbedaan DVR dan NVR untuk Instalasi CCTV

 

 

1. Jenis Kamera

 

 

DVR biasanya menggunakan kamera analog atau kamera HD analog. Kamera analog terhubung ke DVR melalui kabel coaxial atau BNC.

 

 

Sementara itu, NVR menggunakan kamera IP (Internet Protocol). Kamera IP mengirimkan data video dalam format digital langsung melalui jaringan.

 

 

2. Proses Perekaman

 

 

Di dalam DVR, video dari kamera CCTV direkam dan diproses sendiri. DVR mengonversi sinyal analog dari kamera menjadi format digital untuk disimpan di hard drive.

 

 

Sedangkan, NVR hanya menyimpan data video yang telah diproses oleh kamera IP. Video direkam dan diproses oleh kamera IP sebelum dikirim ke NVR.

 

 

3. Instalasi

 

 

Instalasi DVR menggunakan kabel coaxial untuk setiap kamera, sehingga terasa lebih kompleks dan memerlukan lebih banyak kabel. Jarak maksimal kabel coaxial biasanya sekitar 300 meter tanpa memerlukan amplifier atau repeater.

 

 

Adapun instalasi NVR lebih sederhana karena menggunakan kabel Ethernet (Cat5e atau Cat6) yang fleksibel dan bisa mengirimkan data serta daya (Power over Ethernet, PoE) melalui satu kabel. Jarak maksimal kabel Ethernet tanpa repeater adalah sekitar 100 meter.

 

 

4. Kualitas Video

 

 

Kualitas video dari DVR terbatas oleh kemampuan kamera analog. Kualitas gambarnya pun bisa mengalami degradasi karena interferensi sinyal pada kabel coaxial.

 

 

Dengan menggunakan sistem NVR, video CCTV bisa lebih berkualitas karena kamera IP dapat memiliki resolusi yang lebih tinggi. Tak hanya itu, data video digital dari NVR cenderung lebih stabil dan bebas dari interferensi sinyal.

 

 

5. Keamanan Jaringan

 

 

DVR biasanya terhubung ke jaringan hanya untuk akses jarak jauh, sehingga potensi risiko keamanan jaringan lebih rendah dibandingkan NVR.

 

 

Di sisi lain, karena kamera IP dan NVR terhubung melalui jaringan, potensi risiko keamanan jaringan lebih tinggi sehingga penting untuk menerapkan langkah-langkah keamanan jaringan yang tepat.

 

 

6. Harga

 

 

Harga DVR umumnya lebih murah dibandingkan NVR karena kamera analog lebih terjangkau dibandingkan kamera IP. Namun, biaya instalasi kabel pada DVR bisa lebih tinggi.

 

 

 

Baca Juga: Kenapa Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa? Ini Cara Memperbaikinya di Aplikasi PLN Mobile!

 

 

 

DVR dan NVR memiliki banyak persamaan dalam hal fungsi dasar dan fitur yang mereka tawarkan. Kedua perangkat ini dirancang untuk memberikan solusi pemantauan dan perekaman video yang andal dan efektif, baik untuk penggunaan rumah maupun bisnis.

 

 

Di samping itu, DVR dan NVR juga memiliki perbedaan mendasar dalam cara kerja, tipe kamera yang digunakan, dan cara pengelolaan data video dari rekaman CCTV.

 

 

Dengan demikian, pemilihan antara DVR dan NVR lebih berkaitan dengan kebutuhan spesifik, preferensi teknologi, dan anggaran pengguna.

 

 

Perbedaan DVR dan NVR pada CCTV dan fungsi keduanya penting dipahami untuk menjadi panduan Anda sebelum memasang perangkat keamanan kamera pengawas yang tepat sesuai kebutuhan.

 

 

 

Share