Perbedaan Air Cooler dan AC

2023-03-20 08:37:31





Membuat ruangan lebih sejuk dan dingin. Apa saja sih perbedaan air cooler dan air conditioner (AC)? Yuk, cari tahu di sini!


Perbedaan paling mendasar antara air cooler dengan AC adalah AC dapat menurunkan suhu ruangan hingga 20° Celcius. Sedangkan air cooler dapat menurunkan suhu ruangan hingga 5° Celcius. Sehingga perbedaan utamanya adalah air cooler berfungsi untuk menyejukan udara, sedangkan air conditioner berfungsi untuk mendinginkan udara.


Perbedaan yang kedua adalah air cooler lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC. Hal tersebut dikarenakan daya yang diperlukan berkisar antara 7.4 - 250 Watt. Sedangkan AC lebih boros listrik karena daya diperlukan berkisar antara 400 - 1.100 Watt.


Perbedaan yang ketiga, air cooler lebih mudah dan murah dalam perawatan, tidak memerlukan tenaga ahli. Yang perlu dipastikan hanyalah air selalu ada ketika air cooler menyala dan membersihkan media pendingin dan tangki air secara berkala. Sedangkan perawatan AC dinilai lebih  rumit dan mahal, serta memerlukan tenaga ahli dibandingkan dengan air cooler. Filter udara pada AC juga harus dibersihkan secara berkala.


Keempat, air cooler dapat dipindahkan dan dibawa dengan mudah. Sedangkan AC harus memiliki posisi tetap, tidak dapat dipindahkan. Air cooler memiliki portabilitas yang tinggi dikarenakan bentuknya yang ringkas, memiliki roda, serta ringan, sehingga mudah untuk memindahkan air cooler ke sudut ruangan yang Anda inginkan.


Kelima, harga AC lebih mahal dari air cooler. Kisaran harga air cooler mulai dari Rp 600.000 - Rp 2.500.000. Paling mahal biasanya unit outdoor dengan tenaga angin yang besar. Sedangkan harga AC mulai dari Rp 2.000.000 - Rp 10.000.000. Tergantung dari PK yang menentukan cakupan ruangan. Hal ini membuktikan harga air cooler lebih terjangkau, terlebih tidak memerlukan biaya pemasangan, hanya colok ke listrik, isi air, dan Anda sudah dapat merasakan kesejukan.








link terkait:





Share