5 Penyebab Colokan Listrik Bunyi Kresek, Apakah Bahaya?

2024-02-16 10:01:07



Penyebab colokan listrik bunyi kresek, apakah bahaya? Mungkin Anda yang sedang mengalami hal ini di rumah cukup penasaran dengan jawabannya.

 

Bunyi “kresek” atau terdengar seperti berdesis bisa saja keluar dari dalam colokan atau stopkontak. Meskipun hal ini umum terjadi di rumah-rumah, namun saat mengalaminya sendiri bisa menimbulkan kepanikan.

 

Pasalnya, aliran listrik adalah bagian yang rentan memicu bahaya di dalam bangunan jika tidak diawasi dengan benar, mulai dari pemasangan hingga perawatannya. Potensi bahaya sekecil apa pun dari sumber listrik menjadi harus sangat diperhatikan.

 

Sebelum rasa cemas menghantui Anda, mari simak penjelasan terkait penyebab colokan listrik bunyi kresek dan bahayanya, berikut ini.

 

Baca Juga: 5 Fungsi dan Cara Menggunakan Voltmeter dalam Instalasi Listrik


5 Penyebab Colokan Listrik Bunyi Kresek

 

1. Stopkontak Kendor

 

Salah satu penyebab umum bunyi kresek pada colokan listrik adalah jika stopkontak tidak terpasang dengan kokoh di dinding. Hal ini bisa disebabkan oleh pemasangan yang kurang rapat atau baut-baut yang mengikatnya longgar. Gangguan koneksi antara stopkontak dan kabel listrik dapat menyebabkan arus listrik tidak stabil sehingga menimbulkan suara kresek dari dalam colokan.

 

2. Serangga Masuk ke Stopkontak

 

Serangga kecil seperti semut sering kali tertarik untuk masuk ke tempat yang hangat dan terang, salah satunya colokan listrik. Serangga yang masuk ke dalam stopkontak dapat menyebabkan gangguan pada aliran listrik sehingga menimbulkan bunyi kresek.

 

3. Debu Menumpuk di Dalam Colokan

 

Debu adalah salah satu penyebab umum gangguan pada perangkat elektronik dan peralatan listrik. Debu yang menumpuk di dalam colokan listrik dapat mengganggu kontak antara stopkontak dan kabel, yang akhirnya bisa menyebabkan gangguan pada aliran listrik dan menghasilkan bunyi kresek.

 

4. Air Masuk ke Stopkontak

 

Kelembapan atau air yang masuk ke dalam stopkontak dapat menjadi masalah serius. Air dapat menyebabkan korosi pada bagian dalam stopkontak, yang pada akhirnya mengganggu aliran listrik dan menyebabkan bunyi kresek. Selain itu, air juga bisa menjadi penyebab kebocoran listrik yang berbahaya.

 

5. Kualitas Stopkontak Usang

 

Stopkontak yang sudah tua dan aus juga dapat menjadi penyebab bunyi kresek. Bagian dalam stopkontak yang sudah tidak lagi dalam kondisi baik mungkin mengalami korosi atau keausan, yang menyebabkan gangguan pada aliran listrik dan memicu timbulnya suara kresek.


Baca Juga: 6 Penyebab Smoke Detector Bunyi Terus Padahal Tidak Ada Asap

 

Bunyi Kresek pada Colokan Listrik Apakah Berbahaya?


 


Bunyi kresek atau suara berdesis pada colokan listrik biasanya merupakan tanda kontak listrik dalam keadaan tidak baik atau terganggu. Meskipun bunyi kresek tidak selalu menunjukkan bahaya langsung, namun hal ini bisa menjadi tanda peringatan bahwa ada masalah yang perlu diperhatikan.

 

Dalam beberapa kasus, ketidaksempurnaan koneksi listrik dapat menyebabkan pemanasan berlebih atau bahkan menimbulkan percikan listrik, yang berpotensi memicu kebakaran atau kejutan listrik jika tidak ditangani dengan benar.

 

Jika Anda mendengar bunyi kresek pada colokan listrik, sebaiknya segera matikan sumber listrik dari panel sebelum mencoba memperbaiki stopkontak. Kemudian, periksa apakah colokan dan kabel terlihat rusak atau terbakar serta pastikan koneksi listrik kencang dan bersih dari kotoran atau korosi.

 

Jika Anda tidak yakin atau tidak dapat memperbaikinya sendiri, hubungi ahli listrik atau teknisi kelistrikan untuk memeriksanya.

 

Mengabaikan bunyi kresek atau masalah pada colokan listrik dapat meningkatkan risiko bahaya listrik, seperti korsleting dan kebakaran. Jadi, sangat penting untuk menangani hal ini dengan serius.

 

Setelah mengetahui 5 penyebab colokan listrik bunyi kresek dan potensi bahayanya, Anda jadi tidak perlu panik saat mengalami kejadian ini di rumah. Lakukan saran-saran di atas untuk meminimalkan terjadinya potensi bahaya lanjutan. Bila perlu, segera ganti stopkontak Anda dengan perangkat listrik terbaik yang bisa didapatkan di Graha Anugrah Elektrindo.



Share