4 Keuntungan Memakai Air Cooler Dibanding AC untuk Pendingin Ruangan di Rumah

2024-06-14 15:25:31




Keuntungan memakai air cooler dibanding AC untuk pendingin ruangan ternyata cukup banyak, lho. Alat ini bisa menjadi pilihan yang lebih hemat dan lebih murah dari segi biaya.

 

 

Cuaca dan hawa panas saat ini memang terasa sangat ekstrem dan cukup mengganggu aktivitas keseharian kita. Pendingin ruangan pun menjadi alat yang banyak dicari demi menghalau hawa panas ini.

 

 

Jika sebelumnya Anda mungkin terbiasa dengan penggunaan AC atau Air Conditioner, kini ada pilihan alat pendingin udara lainnya yang lebih menarik untuk Anda, yaitu Air Cooler.

 

 

Apakah Anda sudah tahu tentang air cooler? Jika belum, ini saatnya Anda mempertimbangkan manfaat air cooler serta keuntungan memakai air cooler dibanding AC untuk pendingin ruangan di rumah.

 

 

 

Baca Juga: Perbedaan DVR dan NVR pada CCTV, Pahami Fungsinya untuk Instalasi Kamera Pengawas

 

 

 

Manfaat Air Cooler dan Fungsinya

 

 

Air cooler atau pendingin udara menjadi solusi populer di kalangan masyarakat yang mencari alternatif pendingin ruangan yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

 

 

Fungsi air cooler adalah untuk menurunkan suhu udara di ruangan dengan cara menguapkan air. Proses ini mirip dengan cara tubuh manusia yang mendinginkan diri melalui keringat yang menguap dari kulit.

 

 

Dengan menggunakan air cooler, udara panas diserap dan dikeluarkan sebagai udara yang lebih sejuk dan lembap, memberikan rasa nyaman, terutama di daerah beriklim panas seperti beberapa daerah di Indonesia.

 

 

Kelebihan Air Cooler

 

 

1. Hemat Energi

 

 

Air cooler menggunakan daya listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan AC (air conditioner). Dengan demikian, biaya operasionalnya pun menjadi lebih murah dan cocok digunakan untuk jangka panjang.

 

 

2. Ramah Lingkungan

 

 

Perangkat air cooler di dalamnya tidak menggunakan refrigerant seperti AC. Bahan refrigerant dikenal sangat berkontribusi terhadap penipisan lapisan ozon. Oleh karena itu, air cooler lebih ramah lingkungan dan memiliki jejak karbon yang lebih rendah.

 

 

3. Perawatan yang Mudah

 

 

Air cooler umumnya lebih mudah dirawat dibandingkan AC. Komponen yang digunakan lebih sederhana dan biaya servisnya lebih rendah.

 

 

4. Penempatannya Fleksibel

 

 

Kebanyakan air cooler bersifat portabel dan mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain, memberikan fleksibilitas dalam penggunaannya. Hal ini semakin menambah kenyamanan karena pengguna dapat menempatkan air cooler sesuai kebutuhan.

 

 

5. Menambah Kelembapan Udara

 

 

Di daerah yang memiliki kelembapan rendah, air cooler dapat membantu meningkatkan kelembapan udara, membuat udara lebih nyaman untuk dihirup dan mengurangi masalah kulit kering.

 

 

Kekurangan Air Cooler

 

 

1. Kinerja Dipengaruhi Lingkungan

 

 

Salah satu kekurangan air cooler adalah kinerjanya yang cukup terpengaruh dengan lingkungan sekitar. Air cooler bekerja optimal di daerah yang memiliki kelembapan rendah. Sedangkan, di daerah yang kelembapannya tinggi, seperti Jakarta, efektivitas pendinginan dapat berkurang.

 

 

2. Perawatan Air yang Rutin

 

 

Untuk menjaga perangkat air cooler tetap bekerja optimal, harus dilakukan perawatan air secara rutin. Pengguna harus mengisi air secara berkala dan membersihkan tangki untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan lumut.

 

 

3. Perawatan Filter Harus Maksimal

 

 

Karena air cooler bekerja dengan menarik udara dari sekitar ruangan, ada potensi polutan dan debu dapat terdistribusi kembali jika filter di dalam perangkat tidak dirawat dengan baik.

 

 

Keuntungan Memakai Air Cooler Dibanding AC

 

 

1. Harga Lebih Terjangkau

 

 

Harga pembelian air cooler biasanya lebih murah dibandingkan dengan AC. Ditambah dengan konsumsi energi yang lebih rendah, menjadikannya pilihan yang lebih ekonomis.

 

 

2. Mudah Dipasang

 

 

Tidak seperti AC yang membutuhkan instalasi profesional dan terkadang perubahan struktural pada bangunan, air cooler dapat digunakan langsung tanpa instalasi khusus.

 

 

3. Lebih Sehat

 

 

Air cooler tidak menggunakan refrigerant yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, tambahan kelembapan udara bisa lebih nyaman untuk pernapasan dan kesehatan kulit.

 

 

4. Ideal untuk Semua Kebutuhan

 

 

Air cooler yang sifatnya portabel dapat dipindahkan sesuai kebutuhan, membuatnya ideal untuk berbagai jenis ruangan tanpa perlu dipasang secara permanen di dinding atau di tempat yang sulit dijangkau.

 

 

 

Baca Juga: 4 Fungsi Kabel Listrik dan Jenis-jenisnya yang Paling Sering Digunakan dalam Kelistrikan

 

 

 

Air cooler adalah pilihan yang praktis dan ekonomis untuk pendinginan ruangan, terutama bagi Anda yang mencari solusi perangkat pendingin ruangan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Dengan kemampuan dan harganya yang lebih terjangkau, air cooler menjadi alternatif yang menarik dibandingkan dengan AC konvensional.

 

 

Keuntungan memakai air cooler dibanding AC untuk pendingin ruangan bisa Anda rasakan saat memilih perangkat yang berkualitas tinggi. Deretan produk air cooler terbaik dan asli dari brand ternama seperti Honeywell dapat Anda temukan di Graha Anugrah Elektrindo dengan harga terjangkau.

 

 

 

Share