Tips Keamanan Listrik Untuk Anak-anak

2023-03-14 08:50:27



Artikel ini akan membahas sedikit tips keamanan listrik untuk anak-anak dengan langkah sederhana dan menggunakan produk berkualitas, resmi dan bersertifikat.


Setiap anak pasti memiliki daya ingin tahu dan menjelajahi setiap apa yang dilihatnya, menyentuh, mencicipi dan meraba apa yang ada di sekitar mereka. Pengawasan anak harus mulai ditingkatkan apabila mereka sudah menyentuh usia 1-6 tahun. Apabila orangtua mulai lengah dengan keadaan tersebut, dikhawatirkan anak akan menjangkau benda asing yang dapat membahayakan dirinya, tanpa sepengetahuan orangtua mereka. Bahkan, banyak anak yang harus mendapat penanganan rumah sakit dan dirawat.


Banyak dari kecelakaan yang terjadi pada anak adalah bahaya instalasi listrik, stop kontak yang berada tidak aman untuk anak-anak. Para orangtua mungkin memiliki kesibukan harus menyelesaikan pekerjaan mereka dengan menggunakan banyak sambungan listrik untuk laptop dan smartphone. Sedikit perhatian akan managemen perkabelan dan kesiapsiagaan akan sangat membantu dalam melindungi anak-anak Anda, rumah Anda, dan diri Anda sendiri dari sistem kelistrikan. Sejak Mei adalah Bulan Keselamatan Listrik, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melindungi rumah Anda dari bahaya listrik dengan benar.



Jalur Lisrik Rumah


Perhatikan jalur instalasi listrik di rumah Anda, baik di lantai maupun tembok. Jauhkan stopkontak listrik yang memungkinkan berada dalam jangkauan bayi dan anak kecil, tanpa harus membongkar instalasi listrik dan tanpa harus mengurangi produktivitas keluarga. Beri pelindung atau tutupi stop kontak yang berada di dekat lantai atau tutupi dengan furnitur lemari dan meja hiasan. Apabila Anda terpaksa harus membongkar instalasi istrik Anda dapat menyewa tukang listrik untuk memindahkannya lebih tinggi, meskipun harus mengeluarkan biaya agak lebih mahal namun demi keamanan dan kenyamanan keluarga.


Penting untuk diingat bahwa Anda memiliki stopkontak lebih dari sekadar stopkontak listrik di dinding dan lantai Anda. Setiap soket ekstensi dan kabel ekstensi berpotensi menimbulkan bahaya bagi anak-anak kecil yang menjelajah.


Sebenarnya yang terbaik adalah menghindari penggunaan kabel ekstensi ketika Anda memiliki anak kecil, dan penggunaannya hanya untuk keadaan yang sangat mendesak dan sangat memerlukannya, meskipun harus selalu dalam pengawasan orangtua. Kabel ekstensi dimaksudkan untuk penggunaan sementara saja. Jika Anda menggunakan kabel ekstensi, pastikan kabel tersebut disertifikasi oleh laboratorium pengujian independen, seperti Underwriters Laboratory (UL), Standar Nasional Indonesia (SNI) atau sebagainya.


Seperti disebutkan sebelumnya, anak-anak di atas usia satu tahun dapat dengan mudah melepas penutup stopkontak plastik dari soket individu. Jadi, alih-alih menggunakan penutup stopkontak pada soket ekstensi dan pelindung lonjakan arus, pertimbangkan untuk menggunakan penutup soket soket yang tahan kerusakan. Penutup ini sepenuhnya memblokir soket ekstensi dan semua kabel daya yang terpasang dari akses listrik. Pastikan perangkat listrik Anda, seperti stop kontak, kabel ekstensi dan penutup/ pelindung soket memiiki kualias terbaik, resmi, dan bergaransi.


Demikian sedikit bahasan mengenai tips keamanan listrik untuk anak-anak dengan langkah sederhana dan menggunakan produk berkualitas, resmi dan bersertifikat, semoga dapat memberikan manfaat.


Foto:

https://miro.medium.com/max/1400/1*JI_EnNhwypJ8Lg3IcCtG5A.jpeg 

https://previews.123rf.com/images/cookelma/cookelma1207/cookelma120700009/14569672-boy-has-a-electric-shock.jpg?fj=1 


link terkait: 

https://graha-one.id/news_list 

https://www.securityandfire.honeywell.com/  

https://www.lighting.philips.co.id/home 

https://www.se.com/id/en/ 




Share