Solusi Ramah Lingkungan dengan Kendaran LIstrik

2023-05-05 07:33:58


Kendaraan listrik menjadi salah satu solusi masa depan untuk mengurangi emisi karbon di dunia. Di Indonesia, pemerintah sedang fokus menghadirkan kendaraan listrik dengan harapan dapat memberikan dampak lingkungan yang lebih hijau. Namun, pengenalan kendaraan listrik sebagai moda transportasi harus diperhatikan juga minat dan kertarikan masyarakat sebagai penggunanya, serta persiapan infrastruktur yang memadai seperti charging station, suku cadang pendukung, baterai pengganti, dan lainnya.



Pemerintah Beri Insentif Kendaraan Listrik

Pemerintah Indonesia juga tengah merumuskan aturan insentif bagi pembeli mobil atau motor listrik yang diproduksi oleh perusahaan yang memiliki pabrik di Indonesia. Insentif tersebut diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi pengembangan industri kendaraan listrik di tanah air. Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan gambaran bahwa insentif untuk pembelian mobil listrik sekitar Rp80 juta, sedangkan untuk mobil listrik berbasis hybrid sekitar Rp40 juta. Sedangkan untuk jenis kendaraan roda dua, pembelian motor listrik memperoleh insentif sekitar Rp8 juta, sementara motor konversi menjadi motor listrik mendapat insentif sekitar Rp5 juta.


Untuk mendukung percepatan eksosistem kendaraan listrik di Indonesia, kolaborasi antar Kementerian/Lembaga yang masing-masing memiliki tugas berbeda dalam mendukung perkembangan kendaraan listrik sangatlah penting. Kemenperin sedang mempersiapkan satu standar baterai yang sama, sehingga penggunaan charging station dan swap battery akan bisa lebih mudah.



Manfaat Bagi Lingkungan

Selain manfaat lingkungan yang lebih hijau, Indonesia juga dapat memanfaatkan nikel dengan jumlah cadangan terbesar di dunia sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik. Peningkatan kendaraan listrik juga dapat membantu negara secara fiskal karena akan mengurangi subsidi bahan bakar fosil. Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan kolaborasi antar Kementerian/Lembaga, diharapkan pengenalan kendaraan listrik di Indonesia akan semakin ditingkatkan dan membawa manfaat bagi lingkungan serta pembangunan industri kendaraan listrik di tanah air.



Distributor Resmi EV-Charger

PT. Graha Anugrah Elektrindo sebagai distributor resmi perangkat mekanikal dan elektrikal, terutama untuk brand Schneider Electric, menghadirkan beragam produk elektrikal untuk kebutuhan hunian dan gedung, serta kebutuhan alat listrik lainnya yang berkualitas, resmi, asli dan bergaransi secara lengkap dengan pelayanan ramah dan memuaskan pelanggan, one stop solution. Saat ini juga PT. Graha melayani kebutuhan konsumen untuk EV Chargers merek Schneider yang dibutuhkan oleh kendaraan listrik



Foto/gambar: www.se.com



Share