Cara Memperbaiki Stop Kontak Atau Colokan Listrik Longgar dengan Mudah

2024-07-13 13:30:58




Cara memperbaiki stop kontak atau colokan listrik yang longgar di bawah ini mudah untuk Anda ikuti jika memiliki masalah yang sama pada perangkat instalasi kelistrikan.

 

 

Stop kontak listrik longgar bukan hanya bikin repot, tapi juga bisa berbahaya. Tenang saja, memperbaikinya ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Yuk, ikuti langkah-langkah praktis berikut ini untuk mengatasi stop kontak yang longgar dengan aman dan cepat.

 

 

 

Baca Juga: Cara Memasang Stop Kontak Lantai Tanam yang Aman di Dalam Keramik

 

 

 

Cara Memperbaiki Stop Kontak Longgar

 

 

1. Matikan Daya ke Stop Kontak

 

 

Keselamatan adalah prioritas utama. Matikan aliran listrik yang terhubung dengan stop kontak yang bermasalah dengan cara menekan sakelar MCB pada panel listrik ke posisi "OFF" untuk mematikan daya sepenuhnya.

 

 

2. Lepaskan Pelat Penutup

 

 

Gunakan obeng untuk memutar sekrup di tengah pelat penutup berlawanan arah jarum jam. Setelah pelat penutup longgar, tarik keluar untuk membuka stop kontak dan kabel di kotak listrik. Simpan sekrup dengan aman agar tidak hilang selama perbaikan.

 

 

3. Kencangkan Sekrup Stop Kontak

 

 

Stop kontak sering kali melonggar seiring waktu karena sekrupnya kendur. Gunakan obeng untuk memutar sekrup di bagian atas dan bawah stop kontak searah jarum jam. Goyangkan stop kontak dari sisi ke sisi dengan lembut untuk memastikan sudah terpasang dengan baik. Jika sekrup sudah kencang tapi stop kontak masih tak berfungsi, mungkin kotak listrik di dalam dinding yang longgar.

 

 

4. Pasang Spacer Listrik

 

 

Jika stop kontak model tanam, Anda bisa menggunakan spacer listrik. Spacer ini berbentuk klip C kecil dengan penjepit di bagian atas dan bawah. Luruskan penjepit pada dua spacer dan tekan bersama sampai terdengar klik. Longgarkan sekrup pada stop kontak dan posisikan spacer pada poros sekrup tepat di belakang kepalanya. Kencangkan kembali sekrup ke dinding agar stop kontak tidak bergerak.

 

 

Jika stop kontak masih terasa kurang aman setelah mengencangkan sekrup, tambahkan spacer lagi dan kencangkan kembali. Mungkin perlu beberapa kali percobaan untuk mengetahui jumlah spacer yang tepat.

 

 

5. Pasang Junction Box

 

 

Jika spacer tidak cukup efektif, extender junction box bisa jadi solusinya. Extender ini adalah potongan plastik berbentuk persegi panjang yang pas ke dalam lubang stop kontak dan memungkinkan Anda mengencangkan stop kontak dengan kuat.

 

 

Lepaskan stop kontak sepenuhnya dari dinding dan tarik perlahan, biarkan tetap terhubung ke kabel. Geser stop kontak melalui lubang di tengah extender. Dorong box sejajar dengan dinding sebelum mengencangkan stop kontak ke dalamnya. Beberapa extender dilengkapi dengan sekrup yang lebih panjang untuk keamanan tambahan.

 

 

6. Pasang Spacer Pelat Dinding

 

 

Jika extender junction box di dalam dinding masih longgar, spacer pelat dinding bisa membantu. Longgarkan stop kontak dari dinding, biarkan kabel tetap terhubung, dan geser spacer pelat dinding di belakangnya. Kencangkan kembali stop kontak ke junction box sehingga sekrup menembus lubang di bagian atas dan bawah spacer pelat dinding. Spacer ini menjepit stop kontak ke drywall sehingga kotaknya tidak bergerak lagi.

 

 

7. Pasang Kembali Pelat Penutup dan Nyalakan Daya

 

 

Setelah selesai memperbaiki, pasang kembali pelat penutup untuk menyembunyikan kabel di dalam junction box. Nyalakan kembali MCB pada panel listrik ke posisi "ON" untuk mengaktifkan aliran listrik ke stop kontak. Kini stop kontak Anda siap digunakan kembali tanpa khawatir akan longgar atau bermasalah.

 

 

 

Baca Juga: 6 Jenis Smoke Detector dan Fungsinya dalam Sistem Alarm Kebakaran

 

 

 

Cara Ampuh Mencegah Stop Kontak Longgar

 

 

Walaupun kelihatannya sepele, penting untuk mencabut steker alat elektronik dengan memegang kuat bagian bawah steker saat mencabutnya dari stop kontak. Cara mencabut seperti ini mencegah gesekan atau kerusakan pada titik masuk stop kontak.

 

 

Selain itu, hindari membebani sirkuit listrik Anda. Beban listrik yang berlebihan bisa menyebabkan panas berlebih dan merusak stop kontak. Pastikan Anda mengetahui kapasitas stop kontak sebelum mencolokkan lebih banyak perangkat dalam satu sirkuit, apalagi jika Anda tinggal di rumah tua yang kurang mendukung kenaikan beban listrik.

 

 

Kebiasaan-kebiasaan pemakaian listrik yang bijak ini dapat membantu mencegah stop kontak Anda menjadi longgar seiring dengan penggunaannya. Dengan demikian, masa pakai stop kontak pun bisa menjadi lebih panjang.

 

 

Tak cuma itu, Anda juga bisa memilih memasang stop kontak yang berkualitas dari merek-merek ternama, seperti salah satunya Schneider Electric. Pasalnya, saklar dan stop kontak Schneider sudah teruji dan digunakan oleh banyak konsumen di dunia, mulai dari penggunaan rumah tangga hingga untuk kebutuhan industri atau retail.

 

Sakelar Schneider menawarkan desain yang estetik dengan material yang kokoh dan tahan banting. Beragam model dan pilihannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan desain interior. 


Lebih dari itu, stop kontak Schneider pun tersedia beragam jenis, seperti stop kontak data, stop kontak schuko, stop kontak telepon, dan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk semua kebutuhan.

 

 

Ikuti cara memperbaiki stop kontak longgar di atas, atau langsung saja ganti semua stop kontak di rumah Anda dengan stop kontak Schneider yang awet dan berkualitas yang bisa Anda dapatkan produk aslinya di Graha Anugrah Elektrindo sebagai distributor resmi Schneider terpercaya di Indonesia.

 



Share