Cara Isi Ulang Baterai Mobil Listrik di Rumah dengan Mudah dan Hemat Listrik

2023-10-16 14:11:57


Kredit foto: Schneider Electric

-

Mengisi ulang baterai mobil listrik di rumah akan sangat memudahkan para pemilik kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang saat ini semakin banyak di Indonesia. Kepopuleran jenis mobil ini belakangan memang semakin naik, ditambah dengan beragam dukungan dari pemerintah yang terus menggencarkan transportasi ramah lingkungan.


Selain membebaskan pajak untuk kendaraan listrik bagi masyarakat Indonesia, pemerintah juga membangun fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang bisa digunakan oleh para pemilik mobil atau motor listrik.


Namun demikian, SPKLU ini belum merata dibangun di seluruh daerah sehingga memicu kekhawatiran bagi para pemilik kendaraan listrik yang mungkin tidak bisa menjangkau stasiun pengisian daya ini.


Tidak perlu khawatir, seiring perkembangan ekosistem kendaraan listrik dan teknologinya yang canggih, kini mengisi baterai mobil atau motor listrik pun rupanya sudah bisa dilakukan di rumah sendiri. Bagi para pemilik kendaraan listrik, tentunya ini merupakan kabar gembira. Nah, berikut ini cara mengisi baterai mobil listrik di rumah dengan mudah dan hemat listrik.



Keuntungan Memasang Pengisi Baterai Kendaraan Listrik di Rumah


Dengan mengisi baterai di rumah, para pemilik kendaraan listrik dapat memantau biaya dan pengeluaran untuk satu kali pengisian daya penuh. Hal ini memudahkan para pemilik untuk memperkirakan waktu perjalanan dengan kondisi baterai saat akan bepergian.


Memilih perangkat pengisi daya kendaraan listrik yang hemat energi tentunya menjadi pertimbangan penting agar tagihan listrik di rumah tidak kebobolan.


Selain itu, kemudahan pengunaan dan pemasangan juga menjadi unsur yang wajib dipertimbangkan. Hal ini akan membantu para pemilik kendaraan listrik agar proses pengisian baterai menjadi lebih praktis dan efisien.


Memasang Alat Pengisi Baterai Mobil Listrik Rumahan


Satu-satunya cara agar para pemilik kendaraan listrik bisa mengisi daya di rumah adalah dengan memasang perangkat yang mendukung pengisian baterai kendaraan listrik.


Seiring pesatnya perkembangan ekosistem kendaraan listrik di dunia, industri penunjang lainnya pun turut berkembang, termasuk munculnya inovasi-inovasi yang semakin menguntungkan para pemilik EV ini.


Salah satu inovasi yang muncul adalah kemudahan pengisian baterai motor atau mobil listrik di rumah yang memanjakan konsumen, membuat proses isi ulang daya semakin praktis dan mudah. Hal ini diwujudkan dengan adanya alat pengisian daya kendaraan listrik, salah satunya yang paling terkenal adalah EVlink Smart Wallbox yang diproduksi merek elektrik kenamaan, yakni Schneider.


EVlink Smart Wallbox dari Schneider





Schneider menghadirkan EVlink Smart Wallbox sebagai game changer di industri baterai kendaraan listrik. Inovasi di produk ini mampu merevolusi pengisian daya di rumah, menggabungkan teknologi canggih, mudah digunakan, dan memiliki fitur keamanan yang kuat.


EVlink Smart Wallbox adalah solusi cerdas yang terintegrasi penuh hingga memungkinkan pemilik kendaraan listrik mengisi daya kendaraan secara efisien dan aman. Kapasitasnya untuk beradaptasi dengan gaya hidup dan penggunaan energi merupakan langkah besar.


Karakteristik utama dari EVlink Smart Wallbox adalah fitur pengisian daya cerdas yaitu mampu menyeimbangkan sesi pengisian daya dengan penggunaan energi di rumah secara keseluruhan dengan memanfaatkan data energi secara real-time. Hal inilah yang mencegah kelebihan beban pada sistem kelistrikan sehingga menjadi efisien dan hemat.


Sekilas Fitur EVlink Smart yang Praktis dan Hemat Listrik


EVlink Smart Wallbox dari Schneider hadir dengan soket Tipe 2 yang kompatibel dengan semua jenis kendaraan listrik. Dengan kecepatan pengisian daya 22kW, perangkat ini sangat ideal untuk diaplikasikan di rumah.


EVlink Smart Wallbox memiliki kemampuan kendali jarak jauh dan pemantauan yang membuat para pengguna bisa menjadwalkan sesi pengisian baterai kendaraan agar sesuai dengan waktu di luar jam sibuk, melacak konsumsi energi, hingga mengontrol titik pengisian daya menggunakan aplikasi di smartphone.


Schneider Electric telah membangun langkah-langkah keamanan canggih dalam arsitektur EVlink Smart Wallbox, seperti ground fault dan surge protection. Selain itu, desainnya yang kokoh membuatnya awet bahkan dalam kondisi lingkungan yang buruk.


EVlink Smart Wallbox juga menonjol karena kemudahan pemasangannya melalui desain yang sederhana. Wallbox ini dirancang untuk berintegrasi dengan mulus ke dalam sistem kelistrikan rumah saat ini. Selain itu, desainnya yang mungil dan indah secara estetika sangat cocok masuk ke dalam lingkungan rumah tangga mana pun.


EVlink Smart Wallbox mendukung berbagai macam kendaraan dan antarmuka pengisian daya, memastikan kompatibilitas dengan sebagian besar model kendaraan listrik yang ada di pasaran dan menyediakan peringkat daya yang mengakomodasi kapasitas daya rumah yang berbeda.


Dengan memasang EVlink Smart Wallbox di rumah, para pemilik kendaraan listrik saat ini  tidak perlu khawatir akan harga bensin yang terus berfluktuasi.


Cara Mendapatkan EVlink Smart Wallbox





EVlink Smart Wallbox dari Schneider Electric merupakan contoh dari transisi masa depan pengisian baterai mobil atau motor listrik dalam rumah tangga.


Inovasi ini menjadi jawaban ideal bagi pemilik kendaraan listrik yang terus bertambah dan mencari pilihan pengisian daya di rumah yang efisien dan nyaman, berkat fitur-fiturnya yang cerdas, langkah-langkah keamanan yang kuat, dan kemudahan pemasangan.


Para pemilik kendaraan listrik bisa mendapatkan EVlink Smart Wallbox melalui PT Graha Anugrah Elektrindo sebagai distributor resmi perangkat mekanikal dan elektrikal, terutama untuk brand Schneider Electric. Selain produk EVlink Smart Wallbox, PT Graha Anugrah Elektrindo juga menghadirkan kebutuhan alat listrik lainnya yang berkualitas, resmi, asli dan bergaransi secara lengkap dengan pelayanan ramah dan memuaskan pelanggan, one stop solution.



Share