5 Rekomendasi Alat Pelindung Diri Sederhana untuk Memperbaiki Listrik di Rumah

2023-11-11 10:51:00



Rekomendasi alat pelindung diri sederhana untuk memperbaiki listrik di rumah bisa menjadi catatan penting sebelum melakukan pekerjaan kelistrikan yang cukup berisiko.


Meskipun aliran daya listrik di rumah cukup kecil dan tergolong mudah, namun tak ada salahnya membekali diri dengan persiapan dan kewaspadaan tingkat tinggi demi mencegah terjadinya bahaya.


Seperti diketahui, tegangan listrik bisa memicu bahaya jika tidak ditangani dengan baik dan benar. Bahaya tersebut di antaranya tersetrum, munculnya percikan api, hingga ledakan dan kebakaran yang mengancam nyawa.


Oleh karena itu, sebelum memperbaiki kerusakan pada listrik sekecil apa pun di rumah, sebaiknya gunakan alat pelindung diri khusus yang bisa membantu meminimalkan risiko bahaya pada diri sendiri.


Pastikan untuk menyimpan 5 rekomendasi alat pelindung diri sederhana untuk memperbaiki listrik di rumah berikut ini, sebagai langkah persiapan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan listrik yang tidak bisa dicegah.


1. Sarung Tangan Antilistrik




Sarung tangan menjadi alat yang wajib dipakai saat akan memperbaiki kerusakan listrik. Untuk jenis pekerjaan ini, memakai sarung tangan yang terbuat dari bahan antilistrik atau isolator listrik menjadi suatu keharusan.


Bersentuhan dengan listrik secara langsung bisa memicu bahaya. Dengan demikian, penggunaan sarung tangan tidak boleh terlewatkan saat akan menyentuh komponen-komponen kelistrikan di rumah.


2. Electrical Tape




Kabel yang rusak, terputus, dan terbuka bisa diperbaiki dengan elctrical tape atau biasa disebut juga dengan isolasi listrik dan isolasi kabel.


Seperti namanya, jenis isolasi ini sangat berguna dalam instalasi listrik. Isolasi listrik dibuat dari bahan khusus yang tahan terhadap tegangan listrik dan mempunyai daya rekat serta elastisitas lebih tinggi.


3. Kacamata Safety




Kacamata safety merupakan salah satu alat pelindung diri kelistrikan yang bisa disimpan di rumah. Alat ini dapat digunakan dalam berbagai kondisi, seperti saat membongkar rangkaian instalasi listrik yang memungkinkan terpicunya sumber api.


Dengan menggunakan kacamata keselamatan, risiko paparan hingga cedera mata bisa diantisipasi sejak awal bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat mencoba memperbaiki listrik sendiri di rumah.


4. Alas Kaki Isolator



Tubuh manusia bisa menerima aliran listrik saat terpapar atau bersentuhan langsung dengan sumber listrik terbuka, seperti pada kabel yang terputus.


Untuk mencegah bahaya yang parah akibat tersetrum saat memperbaiki listrik, alangkah baiknya mempersenjatai tubuh dengan alat pelindung diri, termasuk memakai alas kaki isolator.


Cegah aliran listrik dengan jenis sepatu keselamatan yang tepat, contohnya sepatu yang dirancang untuk mengisolasi kaki dari sentuhan listrik dan dengan sol khusus yang tidak konduktif.


5. Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR)




Listrik sangat erat kaitannya dengan api. Kesalahan sekecil apa pun bisa membuka peluang munculnya api, bahkan kebakaran, jika tidak ditangani dengan tepat.


Bahaya akibat munculnya api kadang kala tidak bisa diprediksi. Oleh sebab itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan selalu menyimpan alat pemadam kebakaran sederhana untuk mencegah risiko saat memperbaiki listrik di rumah.


Pentingnya Memiliki Alat Pelindung Diri Listrik di Rumah


Bahaya listrik seperti tersetrum, korsleting, ledakan, hingga kebakaran, bisa terjadi selama melakukan pekerjaan seperti pemasangan, pemeliharaan, atau perbaikan listrik.


Dalam hal ini, penggunaan alat pelindung diri yang tepat dan aman berfungsi sebagai penghalang terjadinya kontak dengan listrik sehingga mencegah atau meminimalkan dampak potensi bahaya bagi individu.


Bagi pekerjaan teknisi listrik, alat pelindung diri yang dibutuhkan bisa semakin kompleks. Saat ingin memperbaiki listrik sendiri di rumah, tidak ada salahnya menyimpan beberapa alat sederhana untuk meningkatkan keamanan diri.



Dengan mempertimbangkan keselamatan, memiliki alat pelindung diri listrik yang sederhana di rumah bisa sangat membantu meringankan risiko bahaya yang mengancam.


Sebelum memilih alat pelindung diri listrik yang tepat, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan perlindungan dan keselamatan.


Sementara itu, penggunaan alat-alat tersebut tentunya wajib mengikuti prosedur dengan standar yang tepat untuk menciptakan efektivitas, keamanan, dan kemampuan maksimum dalam mengurangi risiko cedera akibat listrik.


Keamanan listrik di rumah adalah hal yang vital. Pastikan peralatan pelindung diri tersedia dan mudah dijangkau untuk mencegah risiko bagi keamanan dan keselamatan penghuni rumah.


Lengkapi peralatan listrik yang berkualitas serta alat perlindungan diri yang sederhana di rumah dengan produk-produk yang tersedia di PT Graha Anugrah Elektrindo.


PT Graha Anugrah Elektrindo, sebagai distributor resmi perangkat mekanikal dan elektrikal, melayani semua kebutuhan pelanggan dengan menyediakan perlengkapan dari berbagai brand internasional.


Mulai dari sarung tangan listrik, electrical tape, hingga semua kebutuhan dan keamanan listrik yang berkualitas, resmi, asli, dan bergaransi secara lengkap bisa didapatkan dengan pelayanan ramah dan memuaskan pelanggan.




Share