5 Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Akhir-Akhir Ini, Begini Cara Menghadapinya!

2023-10-20 09:47:18



Penyebab cuaca panas di Indonesia akhir-akhir ini masih belum bisa teratasi. Akibatnya, hawa udara menjadi kurang nyaman dirasakan di hampir seluruh daerah di Tanah Air.


Seperti diketahui, cuaca panas ekstrem adalah peristiwa yang sering terjadi di Indonesia, terutama selama musim kemarau. Namun, beberapa tahun terakhir, cuaca panas terasa semakin intens dan berkepanjangan. Berbagai faktor alam dan manusia berkontribusi pada cuaca panas yang luar biasa ini.


Kira-kira, apa ya penyebab cuaca panas di Indonesia akhir-akhir ini? Bagaimana cara menghadapinya? Simak penjelasannya berikut ini.


Faktor-Faktor Penyebab Cuaca Panas


1. Polusi Udara: Tingkat polusi udara yang tinggi dapat mempengaruhi cuaca dengan cara menyerap sinar matahari dan memanaskan udara. Indonesia sering menghadapi masalah polusi udara yang signifikan, terutama di daerah perkotaan. Polusi dapat menciptakan efek pulau panas, di mana daerah perkotaan menjadi jauh lebih panas daripada daerah sekitarnya.


2. El Niño: El Niño adalah fenomena cuaca laut yang mempengaruhi suhu permukaan laut di Samudra Pasifik. Fenomena ini dapat mengubah pola angin dan mendatangkan cuaca panas dan kering ke Indonesia. El Niño yang kuat dapat menyebabkan musim kemarau yang lebih panjang dan panas.


3. Deforestasi: Deforestasi atau penebangan hutan yang berlebihan telah menjadi masalah serius di Indonesia. Keadaan ini berkontribusi pada perubahan iklim dan peningkatan suhu. Tanpa hutan yang dapat menyerap karbon dioksida, suhu permukaan bumi cenderung naik.


4. Urbanisasi: Pertumbuhan perkotaan yang cepat dan urbanisasi mempengaruhi mikroklimat di daerah perkotaan. Bangunan beton, jalan-jalan panas, dan sedikit vegetasi dapat membuat suhu daerah perkotaan lebih tinggi daripada pedesaan sekitarnya.


5. Perubahan Iklim Global: Perubahan iklim global, termasuk pemanasan global, adalah penyebab utama perubahan cuaca panas di seluruh dunia. Peningkatan emisi gas rumah kaca dari aktivitas manusia menyebabkan suhu permukaan bumi meningkat.


Langkah-Langkah Menghadapi Cuaca Panas di Rumah 




1. Terhidrasi


Saat cuaca panas, disarankan lebih banyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan. Utamakan minum air putih yang cukup dibandingkan minuman penyegar dengan perasa manis dan batasi konsumsi es agar mencegah terjadinya radang pada tenggorokan.


2. Batasi Aktivitas Luar Ruang


Paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama bisa jadi membahayakan bagi kulit dan tubuh. Berada di bawah sengatan matahari juga bisa memicu rasa pusing dan mual. Oleh karena itu, lebih baik membatasi aktivitas di luar saat cuaca panas ekstrem.


3. Perhatikan Tirai dan Ventilasi


Saat cuaca panas terasa ekstrem dan sengatan sinar matahari menembus sampai ke dalam rumah, sebaiknya tutup jendela dengan tirai tebal atau penutup jendela untuk mengurangi pemanasan berlebih di dalam ruangan.


Selain itu, pastikan rumah memiliki ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara segar. Buka jendela di malam hari ketika udara lebih sejuk.


4. Gejala Panas


Waspadai gejala panas seperti pusing, mual, dan kelelahan berlebih. Saat memiliki rencana keluar rumah, sebaiknya kenakan topi, kacamata hitam, dan gunakan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar UV yang berbahaya. Pilihlah pakaian yang nyaman dan ringan, serta hindari pakaian tebal dan berat.


5. Gunakan Penyejuk Udara


Tidak hanya di luar, cuaca panas ekstrem juga bisa sangat terasa dari dalam rumah dan membuat badan tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan memasang perangkat penyejuk udara atau Aircooler untuk membantu sirkulasi udara di dalam rumah tetap segar dan sejuk sehingga terasa lebih nyaman.


6. Hemat Energi


Dalam menghadapi cuaca panas terik, sebaiknya hindari penggunaan peralatan listrik berat dan matikan peralatan elektronik yang tidak digunakan, terutama yang menghasilkan panas, seperti oven dan kompor.


Pilih juga peralatan listrik hemat energi, seperti lampu LED, yang dapat membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh peralatan rumah tangga.


Aircooler Honeywell




Memilih perangkat Aircooler yang berkualitas bisa dipertimbangkan dalam menghadapi cuaca panas ekstrem belakang ini. Aircooler bisa menjadi pilihan yang tepat karena kinerjanya yang berada di pertengahan kipas angin dan Air Conditioner (AC).


PT Graha Anugrah Elektrindo menyediakan salah satu merek Aircooler terbaik bagi konsumen Indonesia, yakni dari Honeywell.


Aircooler dari Honeywell dikenal luas sebagai penyejuk ruangan yang efisien, hemat energi, dan ramah lingkungan. Selain itu, desainnya yang dibuat portable juga semakin membuat nyaman penggunanya.


Sebagian besar unit Aircooler Honeywell dilengkapi dengan filter udara, yang membantu membersihkan udara dari debu dan partikel lainnya sehingga membantu pernapasan menjadi lebih sehat.


Anda bisa mendapatkan Aircooler Honeywell yang resmi dan terpercaya melalui PT GrahaAnugrah Elektrindo sebagai distributor resmi merek elektrikal dan mekanikal yang melayani semua kebutuhan dan siap menjadi one-stop solution.



Share